Jakarta- panti asuhan hidayah — Lima siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia tengah berkompetisi di ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau International Economics Olympiad (IEO) 2023 di Volos, Yunani.

Ajang talenta internasional di bidang ekonomi ini diselenggarakan secara luring pada tanggal 24 Juli sampai 2 Agustus 2023 dan diikuti oleh tim dari 50 negara.

Plt. Puspresnas Kemendikbur Ristek, Hendarman memberikan motivasi kepada para siswa Indonesia untuk memantik semangat mereka berkompetisi di ajang IEO.

“Kita berharap yang terbaik, saya yakin kelima siswa adalah pilihan. Ingat bendera merah putih di dadaku. Anak-anakku kalian sudah sampai pada ke tahap ini tinggal selangkah lagi dan berikan prestasi yang terbaik untuk Indonesia,” kata dia dilansir dari laman Puspresnas, Rabu (26/7/2023).

“Mudah-mudahan dengan pembinaan yang sudah diikuti, anak-anak akan lebih kuat menghadapi kompetisi IEO,” tambah Hendarman.

Kelima siswa yang tergabung dalam tim Olimpiade Ekonomi Indonesia, yaitu:

Himyar Arsenio Kamaka dari SMAN 8 Jakarta
Naufal Wiwit Putra dari MAN 2 Kota Malang
Muhammad Amadeus Ihsan dari SMA Kharisma Bangsa Kota Tangerang Selatan
Reyhan Muhammad Hatta dari SMA Cikal Amri Jakarta
William Philip Karnadi dari SMAS Kristen 3 Penabur Jakarta.
Tim Pembina turut mendampingi para siswa Indonesia di ajang IEO, yaitu Dr. Dwi Wulandari dari Universitas Negeri Malang (UMM) dan Taufikur Rahman dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Tahun ini IEO diselenggarakan secara luring untuk pertama kalinya sejak pandemi. Tentunya, kami berharap anak-anak sudah memiliki mental yang kuat dan kesehatan yang baik sehingga bisa memberikan yang terbaik. Kita di Yunani akan berhadapan dengan 50 negara,” jelas Dwi Wulandari selaku Tim Pembina IEO.

Di ajang IEO, para siswa akan menghadapi serangkaian tahapan tes berupa soal-soal pilihan berganda ekonomi, soal-soal esai ekonomi yang bersifat kuantitatif, Financial Literacy, dan Business Case.

Sebelum ditetapkan untuk mewakili Indonesia di ajang IEO, kelima siswa merupakan pemenang ajang talenta Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ekonomi tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Para pemenang tersebut dipilih untuk mengikuti rangkaian pembinaan dan seleksi IEO sebanyak tiga kali hingga terpilih sebanyak 5 siswa untuk mewakili Indonesia.

Himyar Arsenio Kamaka dari SMAN 8 Jakarta, salah satu siswa perwakilan Indonesia mengatakan untuk menjadi delegasi Indonesia membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Oleh karena itu, siswa yang juga pemenang medali perunggu OSN bidang Ekonomi tahun 2022 ini akan berusaha memberikan prestasi membanggakan kepada Indonesia.

“Sebelum mewakili Indonesia di IEO, saya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang Ekonomi juga peraih medali perunggu. Kemudian mengikuti pembinaan dan seleksi sebanyak tiga tahap, dari 30 siswa menjadi 5 siswa terpilih. Semoga di IEO dapat berkolaborasi bersama teman-teman untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ungkap dia.

Olimpiade Ekonomi Internasional merupakan kompetisi tahunan untuk siswa SMA di seluruh dunia pada bidang ekonomi yang dirancang untuk menggugah keterampilan pemecahan masalah yang kreatif pada pelajar yang tertarik dalam bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *